Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana Dipanggang dan Lembut

resepkuliner88.blogspot.com - Dibawah ini adalah resep sederhana untuk membuat kue bolu kukus yang dipanggang dan lembut :

resepkuliner88.blogspot.com

Bahan-bahan :
- 4 butir telur
- 150 gram gula pasir
- 200 gram tepung terigu serbaguna
- 100 ml minyak sayur
- 100 ml susu cair atau air
- 1 sendok teh emulsifier (SP/TBM)
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder

Cara Membuat:

  1. Persiapan Bahan : Ayak tepung terigu dan baking powder, lalu sisihkan. Panaskan oven hingga suhu 180°C. Olesi loyang dengan margarin atau minyak dan taburi dengan sedikit tepung.
  2. Kocok Adonan : Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, kental, dan berwarna putih pucat (sekitar 8-10 menit).
  3. Tambahkan Tepung : Kurangi kecepatan mixer, kemudian masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan Cairan dan Minyak : Masukkan susu cair atau air sedikit demi sedikit, lalu tambahkan minyak sayur. Aduk perlahan dengan spatula hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi halus.
  5. Tuang ke Loyang : Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, ratakan permukaannya.
  6. Panggang : Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan selama 25-30 menit atau hingga matang. Untuk memeriksa kematangan, tusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang menempel, kue sudah matang.
  7. Dinginkan dan Sajikan : Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari loyang. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Kue bolu kukus panggang dan lembut ini sangat sederhana dan cocok untuk kamu yang baru belajar membuat kue. Teksturnya lembut dan rasanya enak. Selamat mencoba!

Komentar