Cara Membuat Kue Cubit Lembut dan Lumer di Mulut

resepkuliner88.blogspot.com - Kue cubit adalah  salah satu kue khas Indonesia yang banyak disukai hampir semua orang. Mempunyai rasa yang manis dan bentuknya yang lembut membuat kue ini suka menjadi pilihan untuk camilan. Sekarang ini, saya akan mengulas cara membuat kue cubit lembut dan lumer di mulut. 

Berikut resep dan cara membuat kue cubit lembut dan lumer di mulut :

resepkuliner88.blogspot.com

Terlebih dahulu kamu siapkan Bahan-Bahan :

- 100 gram tepung terigu protein sedang

- 50 gram gula pasir

- 1 butir telur

- 100 ml susu cair

- 1/2 sendok teh baking powder

- 1/4 sendok teh soda kue

- 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 50 gram margarin, lelehkan

- Topping sesuai selera (meses, keju parut, cokelat chips, dll.)


Langkah-Langkah untuk membuat kue cubit :


1. Kamu Siapkan Bahan : Pastikan semua bahan sudah siap dan terukur dengan tepat agar hasilnya maksimal.


2. Kamu Campur Bahan Kering : Ayak tepung terigu, baking powder, soda kue, dan vanili bubuk ke dalam mangkuk besar. Ini untuk memastikan tidak ada gumpalan dan adonan bisa tercampur rata.


3. Kamu Kocok Telur dan Gula : Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan warnanya pucat. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan mixer atau whisk. Pengocokan ini bertujuan agar tekstur kue menjadi lembut.


4. Kamu Tambahkan Bahan Cair : Masukkan susu cair ke dalam campuran telur dan gula, aduk rata. Setelah itu, tambahkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.


5. Kamu Campur dengan Bahan Kering : Masukkan campuran bahan kering ke dalam adonan basah secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan tidak bergerindil.


6. Kamu Panaskan Cetakan : Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil. Olesi dengan sedikit margarin agar kue tidak lengket.


7. Kamu Tuang Adonan : Tuang adonan ke dalam cetakan hingga setengah penuh. Jika ingin hasil kue cubit yang lumer, jangan isi terlalu penuh karena kue akan mengembang.


8. Kamu Tambahkan Topping : Setelah adonan mulai setengah matang, tambahkan topping sesuai selera, seperti meses, keju, atau cokelat chips.


9. Kamu Masak Kue Cubit : Tutup cetakan dan masak hingga kue cubit matang. Untuk tekstur yang lumer, masak kue hingga bagian atasnya tidak lagi basah, namun jangan terlalu lama agar kue tetap lembut.


10. Kamu Angkat dan Sajikan : Angkat kue cubit dari cetakan dan sajikan selagi hangat.


Tips Tambahan:

- Untuk variasi rasa, kamu bisa menambahkan pasta pandan, cokelat, atau bahkan matcha ke dalam adonan.

- Pastikan api yang digunakan kecil agar kue tidak cepat gosong dan matang merata.


Dengan resep membuat kue cubit di atas, kamu bisa membuat kue cubit yang lembut dan lumer di mulut. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!

Komentar